ANANDA PUTRI SUGEHA. 411418069. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematika Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel MTs Negeri 1 Bone Bolango Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W. Pomalato, M.Pd (2) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Bone Bolango tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan tes, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu deskriptif dan inferensial. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Post test-Only Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model PCL yaitu 56,2 lebih tinggi, sedangkan dengan model pembelajaran langsung yaitu 47,95. Kemudian hasil analisis inferensial melalui uji t dua sampel bahwa memenuhi kriteria yakni ???????????????????????? > ????ℎ???????????????????? atau 2,04 > 1,68 sehingga ????0 ditolak dan ????1 diterima. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Centered Learning (PCL), Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel