PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK GOSABAJA KECAMATAN RANDANGAN KABUPATEN POHUWATO

WENDA CRISTANIA ALFA SARI (153418003)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd (0001118005)
Yenti Juniarti, S.Pd, M.Pd (0001118005)
Tanggal Upload
05-06-2023
Abstract

Wenda Cristania Alfa Sari. 2022. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Tk Gosabaja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pembimbing (I) Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd Dan Pembimbing (II) Yenti Juniarti, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kegiatan role playing terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Gosabaja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. kemampuan berbicara adalah kemampuan dalam menyampaikan ide, gagasan, perasaan yang dilakukan secara lisan kepada orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian pre-test dan post-test yang dilakukan dengan memberikan tes sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan subjek penelitian ini adalah 19 anak kelompok B di TK Gosabaja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Pengumpulan data pre-test dilakukan sebelum diberikan treatment melalui observasi dengan menggunakan instrumen. Sedangkan untuk data post-test dilakukan dengan memberikan tes setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara olah data statistik. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode role playing terhadap kemampuan berbicara anak, dapat dibuktikan dengan jumlah nilai yang di peroleh yakni nilai rata-rata kemampuan berbicara sebelum menggunakan metode role playing adalah 20,8421, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berbicara anak sesudah menggunakan metode role playing adalah 31,3684 . Hal tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode role playing terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Gosabaja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Pemberian treatment dengan menggunakan metode role playing yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti bermain peran antara dokter dan pasien, bermain peran antara pedagang sayuran dan pembeli, bermain peran antara pedagang buah dan pembeli, bermain peran antara tukang becak dan penumpang, bermain peran antara antara guru dan siswa, bermain peran antara tukang jahit dan konsumen, bermain peran antara chef dan konsumen, bermain peran anatara polisi dan penjahat. Kata Kunci: Role Playing, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini