Sepriansyah Akuna. 2024. Skripsi. “Budaya Religius Sekolah Dalam Penguatan Kecerdasan Spritual Peserta Didik di SDN 2 Kabila Bone”. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd. Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) budaya religius yang dikembangkan, (2) simbol-simbol budaya religius, (3) dampak budaya religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan tahap: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitian ini meliputi: (1) budaya religius yang dikembangkan di SDN 2 Kabila Bone diantaranya sholat dhuha, ekstrakurikuler kerohanian, dzikir asmahulhusnah, dan sedekah; (2) simbol-simbol budaya religius di SDN 2 Kabila Bone terdapat poster hadits nabi, quotes Islami, dan doa harian yang ditempelkan di dinding luar maupun dalam kelas; (3) dampak budaya religius pada peserta didik di SDN 2 Kabila Bone yakni meningkatkan pengetahuan siswa terkait budaya religius di sekolah, membentuk nilai religius pada kehidupan sehari-hari siswa, dan membiasakan siswa dalam melakukan kegiatan religius yang berdampak pada penguatan kecerdasan spiritual peserta didik. Kata Kunci: budaya religius, kecerdasan spiritual