MOH MUNIF A. MALASUGI. 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Peer Teaching. Pembimbing I: Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd Pembimbing II: Juni Isnanto, M.Pd. Kegiatan belajar yang berpusat pada siswa dengan anggota komunitas merencanakan dan memfasilitasi kesempatan belajar untuk dirinya sendiri dan orang lain. Adapun Apakah metode peer teaching dapat meningkatkan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri Pangia. tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode peer teaching pada siswa kelas VIII SMP Negeri Pangia Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Pembelajaran Peer Teaching. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN Pangia yang berjumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian passing bawah, lembar observasi untuk siswa. Berdasarkan hasil observasi, hasil penelitian, dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VIII SMPN Pangia selama dua siklus dapat meningkatkan kemampuan siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pengamatan hasil belajar siswa dari 20 siswa pada kondisi awal siswa yang mampu mencapai KKM sebanyak 6 (30%) sampai 8 (40%) siswa, pada siklus I meningkat menjadi 10 (50%) sampai 14 (70%) siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 17 (85%) sampai 20 (100%) siswa yang mampu mencapai nilai KKM 75 bahkan lebih. Maka dapat dismpulkan bahwa ketuntasan passing bawah bola voli tersebut sudah mencapai lebih dari 75% siswa yang tuntas dalam belajar. Kata Kunci : Peer Teaching, Passing Bawah, Bola Voli