PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA KELAS VIII DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI KABUPATEN GOROTALO

AWALUDIN MIFTAHUL KHAIR ENGAHU (544418006)
Skripsi
Pembimbing
Dr. I Wayan Sudana, S.Sn., M.Sn (0006077202)
I Wayan Seriyoga Parta, S.Sn., M.Sn (0009078002)
Tanggal Upload
09-10-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran Seni Budaya bagi siswa kelas VIII SMPLB di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kabupaten Gorontalo. Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan siswa tunanetra, tunarungu, dan tunagrahita dalam memahami materi seni rupa jika hanya disampaikan dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4D, yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis audio visual yang dilengkapi dengan media pendukung, seperti buku braille untuk siswa tunanetra serta tampilan visual dan audio interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap jenis ketunaan. Validasi dilakukan oleh dua orang ahli materi dan tiga orang ahli media, termasuk satu ahli media khusus buku braille. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 91,96?n dari ahli media sebesar 93,75%. Uji coba efektivitas dilakukan pada enam siswa yang mengisi angket, sementara satu siswa tunanetra diwawancarai secara langsung untuk menggali pengalaman penggunaan media. Hasil uji coba menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 95,48%, yang menandakan bahwa media ini sangat efektif dalam menunjang proses pembelajaran. Media pembelajaran ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ragam hias flora dan fauna secara signifikan, serta memberikan pengalaman belajar yang inklusif, adaptif, dan menyenangkan. Dengan demikian, media berbasis audio visual ini dapat menjadi solusi inovatif untuk mendukung pembelajaran Seni Budaya di SLB secara lebih efektif. Kata Kunci: media pembelajaran, audio visual, seni budaya, SLB, anak berkebutuhan khusus.