PENGARUH MEDIA LOOSE PART TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MONTESORI KOTA GORONTALO

REZKA HUSAIN (153420123)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Mohamad Zubaidi, S.Pd M.Pd (0022106604)
Sri Rawanti, S.Pd, M.Pd (0020099304)
Tanggal Upload
21-01-2025
Abstract

Rezka Husain 2024. Pengaruh media loose part terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Montesori Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I : Dr. Mohamad Zubaidi, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II : Sri Rawanti, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media loose parts untuk meningkatkan kemampuan berhitung di Tk Montesori Kota Gorontalo. Salah satu media yang yang sedang dikembangkan adalah media loose part. Penelitian ini menggunakan kuantitatif bersifat angka dengan analisis data bersifat statistik. Metode dalam penelitian ini adalah metode experimen (One-Group Pretest- Posstest desain). Penelitian ini dilakukan pada jumlah sampel yang diambil yaitu 15 anak. Penelitian ini dilakukan selama 14 hari atau 14 pertemuan. 1 hari sebelum diberi perlakuan (pre-test), 7 hari (7 kali) pemberian perlakuan (treatment) dan 6 hari setelah diberikan perlakuan (post-test). Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media Loose Part disekolah terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di Tk Montessori Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian yaitu terdapat Pengaruh Media Loose Part Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Montessori Kota Gorontalo. Hal ini sudah ditunjukan dengan peningkatan besaran data antara pre-test dan post-test. Data pre-test menunjukan skor tertinggi adalah 24 dan skor terendah adalah 12, setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 18,8 dan standar deviasi 4.754 sedangkan pada data post-test menunjukan skor tertinggi adalah 48 dan skor terendah adalah 36, setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 42,87 dan standar deviasi 4.518. Hal ini menunjukan bahwa responden yang menjdi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari tes awal sampai dengan tes akhir. Dari hasil uji T menunjukan bahwa pretest kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media Loose Part dengan hasil uji statistics Std. Deviantion 4.754 dan posttest kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media Loose Part dengan hasil uji statistics 4.518 dapat memaknai bahwa terdapat pengaruh media Loose Part terhadap kemampuan berhitung anak. Kata Kunci : Media Loose Part, Kemampuan Berhitung, anak usia 5-6 tahun.