PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 20 PULUBALA

GITA SAGITA NANI (151420127)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd., MCE (0026016004)
Dr. Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd (0025128202)
Tanggal Upload
08-10-2024
Abstract

Gita Sagita Nani. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 20 Pulubala. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd., MCE dan Pembimbing II Dr. Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah model pembelajaran discovery learning berbantuan media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 20 Pulubala?” Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Eksperimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media diorama dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 20 Pulubala yang berjumlah 14 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode tes berupa pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji hipotesis menggunakan uji t, dan uji N-Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh uji normalitas menunjukkan nilai berdistribusi normal. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS 29 diperoleh nilai signifikan (one tailed) sebesar 0,001 < 0,05, dengan kriteria apabila nilai signifikan lebih kecil daripada 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 20 Pulubala. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai N-Gain Score sebesar 0,63 atau 63%, yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Media Diorama, Hasil Belajar IPA