SEPTIA YUSUF. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tapa. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing 1: Prof. Dr. Hj. Ani M. Hasan, M.Pd. Pembimbing 2: Dr. Jusna Ahmad, M.Si Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Jenis penelitian menggunakan metode Pre-eksperimental berupa One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPA. Sampel adalah kelas XII IPA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa test keterampilan proses sains, lembar observasi guru, dan lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Hasil penelitian indikator yang mempunyai nilai tertinggi yaitu indikator mengamati, dan untuk indikator terendah yaitu pada indikator keterampilan berhipotesis. Berdasarkan hasil uji N-Gain memperoleh nilai rata-rata sebesar 0.76 (kategori tinggi). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di SMA Negeri 1 Tapa . Saran dari peneliti diperlukan adanya penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan lain, sehingga dapat dilihat konsistensi pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut terhadap peningkatan keterampilan proses sains. Kata kunci: Model Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan