PEMANFAATAN MUSEUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 GORONTALO

WAHYU (231416037)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd (0003126215)
Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A. (0002027011)
Tanggal Upload
08-06-2023
Abstract

Wahyu, NIM 231416037, dengan judul skripsi, “Museum Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo”. Fakultas Ilmu Sosial Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1; Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing 2; Tonny Iskandar Mondong, S.S.,M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, museum sebagai media pemebelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian wawancara kepada Guru. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Hasil Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa tujuan penelitian agar dapat Menjadikan inovasi Guru terhadap siswa dan melakukan teknik mengajar dengan membuat model-model pembelajaran Sejarah yang unik sehingga siswa tidak gampang merasa bosan belajar tentang sejarah. Serta membuat siswa lebih aktif dengan mengajak siswa untuk melihat benda-benda peninggalan sejarah. Semua media yang digunakan utnuk bahan pembelajaran sejarah sangat berpengaruh bagi siswa untuk menambah wawasan pola pikir siswa dalam proses pembelajaran sejarah, walaupun tidak semua siswa cepat mengerti dalam proses pembelajaran. Semua akan berjalan dengan baik ketika guru mampu menjelaskan dan memberi faham kepada siswa bahwa semua mata pelajaran sejarah gampang untuk difahami. Pemanfaatan museum sebagai bahan pembelajaran di SMA Negeri 2 Gorontalo itu sangat penting khusunya untuk pembelajaran sejarah, Sebab siswa perlu mengetahui dan melihat langsung bukti peninggalan sejarah yang ada di Gorontalo. Kata Kunci : Museum, Pembelajaran Sejarah, SMA Negeri 2 Gorontalo