PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) MENGGUNAKAN APLIKASI ANYFLIP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII (SMP NEGERI 3 SUWAWA)

HALIJA (431419072)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Elya Nusantari, S.Pd., M.Pd (0017097206)
Drs. Mustamin Ibrahim, M.Si (0016066804)
Tanggal Upload
12-12-2023
Abstract

Halija, 2023. “Pengembangan E-Modul Berorientasi HOTS (High Order Thinking Skills) Menggunakan Aplikasi Anyflip Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII (SMP Negeri 3 Suwawa)”. Progran Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (1) Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd. (2) Drs. Mustamin Ibrahim, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan juga mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan e-modul berorientasi HOTS, pada materi sistem pernapasan manusia. Subjek pada penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Suwawa. E-modul yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan 4-D dengan uji coba skala terbatas. Validasi e-modul dilakukan oleh 3 validator, yaitu validator ahli materi, validator ahli media dan validator praktisi (guru). Kepraktisan dinilai berdasarkan instrumen penilaian keterlaksanaan pembelajaran, instrumen penilaian aktivitas peserta didik dan juga instrumen respon peserta didik. Hasil belajar dinilai berdasarkan nilai (pre-test dan pos-test). Hasil penilaian menunjukkan bahwa e-modul berorientasi HOTS memenuhi standar kelayakan. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli materi dan validasi praktisi (guru) memperoleh presentase dengan rentang nilai 81% - 100% termasuk dalam kategori sangat valid, validasi ahli media memperoleh presentase dengan rentang nilai 61% - 80% termasuk dalam kategori valid. Nilai uji kepraktisan menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran memperoleh presentase dengan rentang nilai 81% - 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik memperoleh presentase dengan rentang nilai 61% - 80% termasuk dalam kategori baik. Respon peserta didik memperoleh presentase dengan rentang nilai 81% - 100% termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian hasil belajar (pre-test dan pos¬-test) memperoleh nilai analisis N-Gain 0,5 termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian kriteria bahan ajar e-modul berorientasi HOTS yang dikembangkan valid dan praktis serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: E-Modul. HOTS, Sistem Pernapasan Manusia, Hasil Belajar