Rivaldi Karim. 2023. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Mutu Dengan Pencapaian Akreditasi Sekolah Dasar di Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Prof. Dr. Noviyanti Djafri, M.Pd dan Pembimbing (II) Prof. Dr. Siti Roskina Mas, MM.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan pencapaian akreditasi sekolah, (2) hubungan antara budaya mutu dengan pencapaian akreditasi sekolah, dan (3) hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya mutu dengan pencapaian akreditasi sekolah. Penelitian menggunakan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji linearitas data, uji keberartian serta uji hipotesis dengan perhitungan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan pencapaian akreditasi yaitu sebesar 22,3%, (2) budaya mutu memiliki hubungan positif dan signifikan dengan pencapaian akreditasi yaitu sebesar 40,2%, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan budaya mutu memiliki hubungan positif dan signifikan dengan pencapaian akreditasi yaitu 47,1% Kata Kunci : Kepememipinan, Budaya Mutu, Pencapaian Akreditasi