Fitriani, Indri. 2023. Habituasi Morning Greeting Choices Dalam Mewujudkan Sekolah Perdamaian Di SDN 1 Kwandang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing (I) Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd (II). Dr. Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan sekaligus mendeskripsikan (1) Peran guru dalam membiasakan morning greeting choices di sekolah, (2) Dampak habituasi morning greeting choices bagi siswa di sekolah, (3) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam membiasakan morning greeting choices dalam mewujudkan sekolah perdamaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara, yaitu (a) observasi, (b) wawancara, (c) dokumentasi. Penentuan Informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dengan alur (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan. Agar memperoleh keabsahan data digunakan dengan triangulasi sumber, triangulasi waktu, triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam membiasakan morning greeting choices diantaranya guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengarah dan motivator, guru sebagai penasehat. (2) Dampak habituasi morning greeting choices bagi siswa di sekolah diantaranya terciptanya hubungan emosional antara guru dan siswa, siswa dapat mengambil keputusan dan bertanggung jawab, siswa dapat bersikap displin dan mandiri (3) kendala yang dihadapi oleh guru dalam membiasakan morning greeting choices dalam mewujudkan sekolah perdamaian diantaranya kondisi guru, perilaku siswa yang beragam, tidak konsisten dalam melakukan habituasi, (4) Penelitian ini menemukan bahwa untuk menemukenali lebih dalam mengenai kesiapan siswa belajar, dibutuhkan pengembangan media greeting choices. Kata Kunci : Habituasi, Greeting Choices, Sekolah Perdamaian