Proses pembelajaran yang ada di SMK Negeri 1 Bulango Selatan tidak berjalan maksimal dikarenakan pembelajaran hanya terfokus pada penjelasan guru di Power Point. Pada mata pelajaran Simulasi Digital yang merupakan mata pelajaran penting yang seharusnya dipelajari dengan cara interaktif, tetapi proses pembelajarannya hanya sekedar mencatat materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran untuk membantu memfasilitasi guru dan siswa agar bisa digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Simulasi Digital kelas X Keperawatan di SMK Negeri 1 Bulango Selatan. Metode penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan MDLC. Hasil penelitian melalui pengujian kelayakan media pembelajaran berbasis android oleh dua orang ahli materi diperoleh presentase kelayakan sebesar 91?ngan kategori sangat layak. Untuk hasil pengujian kelayakan media oleh dua orang ahli media masing-masing memperoleh presentase kelayakan sebesar 87% yang dapat dikatakan “sangat layak”. Adapun untuk hasil uji coba pengguna yang dilakukan pada 29 orang siswa dengan menggunakan instrument SUS mengenai tanggapan siswa terhadap aplikasi media pembelajaran mendapatkan skor 80,8 dengan Accepability range termasuk di ACCEPTABLE kemudian tingat Grade Scale termasuk pada nilai A, dan Adjective Rating termasuk dalam kategori Excellent. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi Digital yang dirancang di SMK Negeri 1 Bulango Selatan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: aplikasi media pembelajaran; simulasi digital; (R&D); MDLC