ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KWANDANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

MASNA (411416059)
Skripsi
Pembimbing
Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (0029116204)
Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si (0020046304)
Tanggal Upload
18-08-2023
Abstract

Masna, NIM.411416059. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kwandang Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2023. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Drs. Franky A. Oroh, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kwandang dalam memahami Barisn dan deret Aritmatika yang diukur melalui indikator kesulitan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata persentase capaian kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kwandang pada materi Barisan dan Deret Aritmatika menurut indikator kesulitan belajar yaitu pada indikator kesulitan belajar konsep sebesar 64%, indikator kesulitan belajar prinsip sebesar 62%, dan indikator kesulitan belajar operasi sebesar 58% . Dan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah kurangnya pemahaman tentang materi serta prosedur penyelesaiannya, adapun yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah kurangnya ketrampilan dalam menjawab soal, adanya sifat pandang enteng dalam diri siswa dan kurang melakukan latihan terhadap materi yang diajarkan sehingga perlu metode dan strategi untuk meminimalisir kesulitan yang dialami siswa. Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Soal cerita.