PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT (PROJECT-BASED LEARNING/PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LITOSFER DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 3 GORONTALO UTARA

PUTRI (451421014)
Skripsi
Pembimbing
Rusiyah,S.Pd.,M.Sc (0021068108)
M.Iqbal Liayong Pratama,S.Pd.,S.Pd.I.,M.Pd. (2029059201)
Tanggal Upload
04-07-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo Utara pada materi litosfer. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara pada semester genap Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok. Data penelitian diperoleh melalui soal pre-test dan post-test yang berjumlah 20 soal pilihan ganda. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik. Uji validitas, Reliabilitas, uji normalitas, homogenitas, dan uji T data penelitian ini menggunakan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan menggunakan SPSS 30 diperoleh data penelitian normal dan homogen kemudian uji hipotesis atau nilai Sig. (2-tailed) atau P-value sebesar 0,003 dan signifikansi (pValue < α (0,05)), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis project (Project Based Learning) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo Utara. Pencapaian hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen (X-C) yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis project lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (X-D) yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi penulis dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Litosfer