UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE KARYA WISATA DI CAGAR BUDAYA GORONTALO UTARA: SUATU PENELITIAN DI KELAS X SMA NEGERI 7 GORONTALO UTARA

SINTIA PAKAYA (231419037)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd (0003126215)
Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A (0002027011)
Tanggal Upload
05-06-2023
Abstract

Sintia Pakaya, NIM 231419037 Skripsi “Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Metode Karya Wisata Di Cagar Budaya Gorontalo Utara: Suatu Penelitian Di Kelas X SMA Negeri 7 Gorontalo Utara”. Dengan Pembimbing (1) Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing (2) Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan metode karya wisata di cagar budaya Gorontalo Utara di kelas X SMA Negeri 7 Gorontalo Utara. Dengan di adakannya penelitian ini dapat di ketahui dengan menggunakan metode karya wisata di cagar budaya Gorontalo utara dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah. Hasil penelitian yang ditemukan pada penelitian ini dengan pemanfaatan cagar budaya sebagai media membelajaran belum banyak digunakan pada pembelajaran sejarah. Padahal dengan adanya pemanfaatan cagar budaya dapat membantu siswa melihat langsung peninggalan sejarah yang ada di daerah mereka. Pada penelitian yang di adakan oleh peneliti dapat dilihat bahwa metode ini berhasil digunakan, pemahaman siswa meningkat setelah diterapkan metode karya wisata pada pembelajaran sejarah di cagar budaya Gorontalo Utara. Penelitian ini dapat melihat bagaiman respon siswa terhadap pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah yang diadakan di luar kelas membuat siswa berperan aktif serta rasa ingin tau siswa lebih meningkat di bandingkan pembelajaran di dalam kelas. Kata Kunci: Meningkatkan Pemahaman siswa, Pelajaran Sejarah, Karya Wisata, Cagar Budaya Gorontalo Utara, SMA Negeri 7 Gorontalo Utara.