Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisi Pelayanan Publik Berbasis Inovasi (E-Governmnet) di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Gorontalo dengan sub fokus 1) dukungan, 2) kemampuan, 3) manfaat. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan mengurai data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Governement yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Gorontalo 1) dukungan yang diberikan meliputi pelatihan kepada staf tentang penggunaan sistem ini dan sosialisasi kepada masyarakat untuk memastikan mereka memahami cara menggunakan SISKOHAT tersebut. Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan pengembang sistem untuk memperbaiki dan meng-update aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. 2) Kemampua yang dimaksud dalam hal ini beberapa alat dan sistem TI yang dapat mendukung pelayanan publik secara elektronik, namun kendala yang sering dihadapi masalah teknis yakni yang menghambat proses pelayanan elektronik, seperti gangguan pada sistem atau keterbatasan perangkat keras. 3) Manfaat SISKOHAT yakni mengelola data jamaah secara efisien dan terintegrasi tentu meningkatkkan pelayanan kepada jamaah dengan menyediakan informasi yang lebih akurat. Kata Kunci : Pelayanan Publik, E-Government