Apika, Andrian A. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Statisfaction (ARCS) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPA Tema 9 Subtema 3 Kelas V SDN 14 Kabila. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Gamar Abdullah, S. Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah dengan diterapkannya model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Statisfaction) dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN 14 Kabila?”. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas IV di SDN 14 Kabila. Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Convidence, Staticfaction (ARCS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA tema 9 subtema 3 kelas V SDN 14 Kabila. Hal ini ditunjukan oleh aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II yang mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 16 orang siswa yang dikategorikan sangat aktif, aktif dan cukup aktif dengan presentase 80?n pada siklus II yang dikategorikan siswa sangat aktif dan aktif sebanyak 18 orang siswa dengan presentase 90%. Artinya, pada siklus II Aktivitas siswa meningkat sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Statisfaction (ARCS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA tema 9 subtema 3 di kelas V SDN 14 Kabila. Kata Kunci : Attention, Relevance, Confidence, Statisfaction (ARCS), Aktivitas Belajar Siswa, Muatan Pembelajaran IPA