Tiyas Cahyani Aisari, 2023. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Penguatan Budaya Inovasi Guru di SDN 10 Bonepantai,Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan :(1) pengaruh ideal kepala sekolah dalam penguatan budaya inovasi guru di SDN 10 Bonepantai. (2) motivasi inspirasi kepala sekolah dalam penguatan budaya inovasi guru di SDN 10 Bonepantai.Tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Penguatan Budaya Inovasi Guru di SDN 10 Bonepantai yang telah terbagi menjadi dua fokus, yaitu : (1) pengaruh ideal kepala sekolah dalam penguatan budaya inovasi guru. (2) motivasi inspirasi kepala sekolah dalam penguatan budaya inovasi guru. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, guru kelas IV, guru kelas III, dan guru kelas II. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan menggunakan kredibilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) pengaruh ideal kepala sekolah dalam penguatan budaya inovasi guru terbagi atas dua pengaruh ideal diantaranya yaitu (a) visi dan misi adalah acuan dasar sekolah dalam melakukan kegiatan demi mencapai tujuan bersama dalam menggapai sekolah berprestasi untuk mewujudkan cita-cita dimasa depan. (b) Karismatik yaitu pemimpin yang mempunyai rasa percaya diri tinggi, keteladanan, serta kedisiplinan. (2) motivasi inspirasi kepala sekolah dalam penguatan budaya inovasi guru terbagi menjadi tiga diantaranya yaitu (a) memberiinspirasi yaitu mendorong serta mengembangkan professional guru untuk berpikir kreatif untuk menghasilkan ide-ide baru. (b) memberi reward, yaitu meningkatkan motivasi warga sekolah serta membangkitkan semangat tim untuk bekerja secara optimal. (c) optimis, yaitu mendorong warga sekolah untuk selalu optimis dalam bekerja. Kata Kunci :Kepemimpinan transformasional, Kepemimpinan kepala sekolah.