PENGEMBANGAN MEDIA QUARTET CARD BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

NURFADILA SALAM (431421009)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Lilan Dama, M.Pd (0011017701)
Muh. Nur Akbar, S.Pd., M.Pd (0014079305)
Tanggal Upload
22-10-2025
Abstract

Media pembelajaran Quartet Card berbasis Augmented Reality (AR) dikembangkan untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (development) dan dilaksanakan melalui uji coba skala terbatas. Subjek uji coba adalah 25 peserta didik kelas X-3 di SMA Negeri 1 Bongomeme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas berada pada kategori “Sangat Valid”, dengan memperoleh nilai 86?ri ahli media dan 88,33?ri ahli materi. Hasil uji kepraktisan menunjukkan kategori “Sangat Praktis” berdasarkan respon guru sebesar 95,4?n respon peserta didik sebesar 93,2%, serta keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor 96?ngan kategori “Sangat Baik”. Hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan peningkatan, dengan nilai rata-rata pretest 42,46 dan posttest 80,15 yang termasuk kategori “Kreatif”. Berdasarkan hasil tersebut, media Quartet Card berbasis Augmented Reality yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran biologi. Kata Kunci: Media pembelajaran, Quartet Card, Augmented Reality, klasifikasi makhluk hidup.