Sri Mahdalana Machmud. 2023. Analisis Feminis Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El-Saadawi sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Taruna Bahari. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pembimbing 1: Dr. Ellyana Hinta, M.Hum. Pembimbing 2: Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kedudukan tokoh perempuan dalam novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal El-Saadawi dan perjuangan tokoh utama perempuan dalam novel Perempuan Di Titik Nol karya Nawal El-Saadawi dan relevansinya sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Taruna Bahari. Pendekatan yang digunakan yakni feminisme radikal Ollenburger yang memberikan pengertian mengenai penindasan perempuan di dalam semua kondisi budaya dan politik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data penelitian menggunakan teknik baca dan catat. Analisis data yang dilakukan yaitu indentifikasi data yang tertulis di dalam novel Perempuan di Titik Nol, reduksi data, dan menarik kesimpulan terhadap data-data yang ditemukan. Hasil penelitian yang ditemukan dalam novel Perempuan di Titik Nol dengan menggunakan feminisme radikal Ollenburger yakni adanya struktur kekuasaan kaum laki-laki sehingga terjadi penindasan terhadap kaum perempuan dan mengungkap perjuangan tokoh utama dalam mewujudkan feminis. Firdaus tokoh utama dalam novel ini menjalani kehidupannya dalam budaya patriarki yang sangat erat dari masa pra nikah, nikah, paska nikah. Dari data kedudukan perempuan dalam novel PDTN yang dianalisis terdapat 36 data, data 1 (budaya) terdiri dari 16 data dan data 2 (politik) terdiri dari 20 data, kemudian dalam bentuk perjuangan terdapat 20 data, yang terdiri dari data 1 (Budaya) sebanyak 4 data dan data 2 (politik) sebanyak 16 Data. Relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu dapat mengembangkan konsep untuk pembelajaran sastra yang berorientasi pada para peserta didik dalam menghadapi ketidakadilan gender selain itu juga dapat menambah wawasan peserta didik dengan mengambil hal positif yang ada dalam novel Perempuan di Titik Nol sehingga peserta didik akan mendapatkan pencurahan pengalaman serta gambaran dalam menyikapi berbagai permasalahan. Kata kunci : budaya patriarki, perempuan di titik nol, feminis radikal.