Kiki Yunia Prastika, 411418003. Analisis Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran dengan Penerapan Model Penemuan Terbimbing pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Tapa. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2023. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan penerapan model penemuan terbimbing pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan Analisis Deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Tapa pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-4 dengan jumlah siswa 26 orang dan seorang guru matematika. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes berupa pilihan ganda. Hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan penerapan model penemuan terbimbing di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Tapa terdapat 18 orang atau 69,22% yang nilainya 75 keatas, dan 8 orang atau 30,78% yang memiliki nilai dibawah 75. Sehingga, sebagian besar siswa kelas tersebut berada pada kategori tuntas. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan penerapan model penemuan terbimbing cukup baik. Berdasarkan hasil analisis setiap indikator mulai dari C4 sampai C6, persentase capaian hasil belajar siswa terdapat 77,56% siswa yang bisa menyelesaikan indikator C4 (menganalisis), 53,84% siswa yang bisa menyelesaikan indikator C5 (mengevaluasi) dan 62,82% siswa yang bisa menyelesaikan indikator C6 (mencipta). Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa; Penemuan Terbimbing; Persamaan Garis Lurus