PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

NI NYOMAN NOFI DWI ASTUTI (151419139)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd (0005077506)
Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd. (0902108601)
Tanggal Upload
16-08-2023
Abstract

Ni Nyoman Nofi Dwi Astuti. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV di Sekolah Dasar. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rustam I Husain, S.Ag., M.Pd dan pembimbing II Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran di sekolah dasar yaitu kurang maksimalnya penyampaian materi pada pembelajaran PKn dan kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media, kelayakan media dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media augmented reality pada pembelajaran PKn materi garuda pancasila kelas IV di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan model 4-D (Four D Models) oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahap yaitu Define, Design, Development dan Dissemination. Namun karena keterbatasan waktu, peneli membatasi penelitian hanya sampai pada tahap development. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi android berupa augmented reality (AR) dengan metode marker based tracking yang memiliki format file apk berbantuan kartu sebagai scan marker dengan muatan pembelajaran PKn materi garuda pancasila bagi siswa kelas IV SD yang telah dinyatakan valid oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pengguna. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna (user) dengan persentase berturut-turut adalah 94%, 95,7?n 93,8% kategori sangat layak. Hasil uji coba terbatas pada peserta didik dengan memberikan angket memperoleh persentase 91% kategori sangat baik. Dengan demikian, Pemanfaatan media pembelajaran augmented reality dapat merangsang pola pikir peserta didik dalam berpikiran kritis, mandiri, meningkatkan motivasi dan minat belajar, serta media pembelajaran AR dapat memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman struktur suatu model objek sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Kata kunci : media pembelajaran, augmented reality, pembelajaran Pkn