Anisa Tilome, 2022. NIM. 411418042. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA.Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Majid, M.Pd, (2) Khardiyawan A.Y Pauweni, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi segi empat dan segitiga. Penelitian dilakukan pada siswa dan guru dengan menggunakan model pengembangan 4-D dan tahapannya meliputi define, design, development, disseminate. Penelitian pengembangan ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan dan materi diperoleh bahwa media pembelajaran yang digunakan hanya buku paket dan belum tersedianya modul matematika dengan pendekatan kontekstual, serta materi segiempat dan segitiga yang dianggap sulit kemudian dikembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual yaitu dengan mengaitkan pembelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengaktifkan siswa dan memberikan pengajaran matematika yang lebih bermakna.modul diperoleh dengan kriteria dan kelayakan melalui validasi ahli materi dan desain, uji keterbacaan serta uji coba. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan instrumen serta angket. Validasi materi yang mencakup penilaian kelayakan isi serta kelayakan penyajian memperoleh persentase 80,55?ngan kategori valid.Validasi desain sampul, desain isi modul diperoleh persentase 86,11?ngan kategori sangat valid. Uji keterbacaan yang mencakup penilaian aspek tampilan, aspek penyajian dan aspek manfaat memperoleh persentase 92,36?ngan kategori sangat layak. Selanjutnya pada angket respon siswa memperoleh persentase 88,44?ngan kategori sangat baik sedangkan angket respon guru memperoleh persentase 83,93?ngan kategori baik. Sehingga modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi segi empat dan segitiga yang dikembangkan layak dan baik untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Modul matematika, Pendekatan kontekstual