PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERKONTEKS STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 GORONTALO

PUTRI WULANDARI HAJI ALI (441419006)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd., M.M. (0024116903)
Haris Munandar, S.Pd., M.Pd. (0909098902)
Tanggal Upload
17-01-2024
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berkonteks STEM Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel 46 siswa kelas XI IPA yang tersebar pada 2 kelas yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 7 Gorontalo. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 nilai rata-rata pretest yaitu 32,17?n posttest yaitu 78,39%, sedangkan untuk kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest adalah 29,13?n posttest yaitu 78,70%. Hipotesis diuji dengan uji (t-Test: Paired Two Sample for Means). Dari data analisis menunjukkan: 1) Diperoleh P(T<=t) two-tail sebesar 0,000 pada taraf signifikan 0,05 artinya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Larutan Penyangga. Kata kunci: Problem Based Learning; STEM; Hasil belajar; Larutan Penyangga