PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHAN AJAR BUDAYA LOKAL DI KELAS IV SDN 2 SUWAWA

SUTRISNO FEBRIANSYAH S MOHI (704522010)
Tesis
Pembimbing
Dr.I Wayan Sudana,S.Sn,M.Sn (0006077202)
Dr.Hariana,S.Pd,M.Ds (0018057503)
Tanggal Upload
04-09-2024
Abstract

Sutrisno Febriansyah S Mohi, 2024. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Budaya Lokal Di Kelas IV SDN 2 Suwawa. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Dr. I Wayan Sudana, S.Sn, M.Sn dan Pembimbing II Dr. Hariana, S.Pd, M.Ds. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi (1) nilai budaya lokal pada adat Tuja’i Gorontalo belum menjadi bagian dalam materi pembelajaran SBDP, (2) guru kurang memberi perhatian dalam mengembangkan materi pada pembelajaran SBDP khususnya terhadap materi mengenai nilai budaya yang terdapat pada adat Tuja’i Gorontalo, dan (3) kurangnya buku penunjang pembelajaran yang berisi materi khusus mengenai nilai budaya pada adat Tuja’i Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Ajar Berbasis Nilai Budaya pada Adat Tuja’i Gorontalo. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan. Tahap penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (Design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap penelitian ini dibatasi sampai pada tahap uji coba dan validasi, yaitu validasi ahli (ahli materi, ahli bahasa dan praktisi pembelajaran). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Suwawa yang berjumlah 17 orang. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Perangkat Ajar Berbasis Nilai Budaya pada Adat Tuja’i Gorontalo layak digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 99,4% atau “sangat layak”. Persentase tersebut diperoleh dari hasil validasi ahli materi (100% atau berkategori “sangat layak”), hasil validasi ahli bahasa 100% atau berkategori “sangat layak”), dan validasi Praktisi Pembelajaran (98,3% atau berkategori “ sangat layak”). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Perangkat Ajar Berbasis Nilai Budaya pada Adat Tuja’i Gorontalo yang dikembangkan dapat membantu guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga produk ini terbukti sangat layak digunakan. Kata Kunci: Perangkat Ajar, Nilai Budaya, Adat Tuja’i Gorontalo