Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan TIK dalam mendukung digitalisasi pembelajaraan di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) kekuatan sekolah dalam pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo; (2) kelemahan sekolah dalam pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo; (3) peluang dari integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam digitalisasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo; (4) ancaman yang mungkin muncul dalam pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo; (5) strategi pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, peneliti menggabungkan metode analisis dengan menggunakan analisis setiap kasus dengan analisis SWOT. Analisis SWOT ini dimaksudkan untuk menemukan hasil penelitian dari aspek-aspek internal dan eksternal dari permasalahan di sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancaran, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian analisis pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo menunjukkan bahwa aspek internal yaitu kekuatan sekolah mulai infrastruktur TIK, kurikulum, dan sistem keamanan sudah mendukung pembelajaran berbasis digital. Namun terdapat kelemahan yaitu infrastruktur TIK secara jumlahnya sudah lengkap namun dalam pemrograman belum kompetibel. Adapun aspek eksternal melal ui dukungan pemerintah, pemanfaatan sistem pembelajaran online dan keterlibatan orang tua memberikan kesempatan bagi sekolah untuk meningkatkan digitalisasi pembelajaran di lingkungan sekolah. Namun, terdapat tantangan dalam digitalisasi pembelajaran yaitu sering terjadi perubahan kurikulum, terjadi kesalahan teknis saat pembelajaran. Hal ini dapat mengganggu pihak sekolah dalam meningkatkan digitalisasi pembelajaran maka dengan menggunakan analisis SWOT terciptanya strategi-strategi dari pengelolaan TIK di SMP negeri 2 Kota Gorontalo. Sekolah dapat lebih mudah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi yang ada, mengatasi hambatan yang muncul, serta mengantisipasi perubahan yang dapat berdampak pada sistem pembelajaran berbasis digital. Dengan pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan, SMP Negeri 2 Kota Gorontalo dapat mengembangkan ekosistem pembelajaran digital yang inovatif, efisien, dan berorientasi pada masa depan. Kata Kunci : analisis; pengelolaan; teknologi; digitalisasi; pembelajaran.