MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE DEBAT BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS 5 SDN 2 KWANDANG

ERINA FEBRIANTI GUMALANGIT (151419180)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A (0020057605)
Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd (0902106801)
Tanggal Upload
17-08-2023
Abstract

Erina Febrianti Gumalangit. 2023. “Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Debat Berbantu Media Audio Visual Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas 5 Sdn 2 Kwandang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Samsi Pomalingo, S. Ag, M.A dan Dr. Candra Cuga, M.Pd Pembimbing II Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode debat dengan berbantu Media Audiovisual dapat mningkatan kecerdasan intelektual peserta didik terhadap pembelajaran PKn peserta didik kelas 2 SDN 2 Kwandang”. Tujuan penelitian ini “untuk menerapkan metode debat dapat mningkatan kecerdasan intelektual peserta didik terhadap pembelajaran PKn peserta didik kelas 5 SDN 2 Kwandang”. Dengan subjek penelitiannya yaitu berjumlah 22 orang. Hasil penelitian dengan menerapkan metode debat berbantuan media audio visual menunjukkan bahwa pada siklus 1 pertemuan pertama siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa dengan persentase 53%, kemudian pada pertemuan kedua siswa yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa dengan persentase 61% namun presenatase ini belum bisa dikatakan berhasil maka dari itu harus dilakukan siklus 2 dengan memperbaiki kekurangan yang ada di siklus 1 sehingga hasil presentase pada siklus2 pertemuan pertama meningkat, siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa dengan persentase 77?n pada pertemuan kedua siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 siswa dengan persentase 92% yang kecerdasan intelektual siswa mengalami peningkatan yang signifikan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode debat berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kecerdasan intelektual karena mampu melibatkan siswa secara aktif dan lebih partisipatif serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berbicara di depan umum dan bekerja sama. Kata Kunci:Audio Visual, Kecerdasan Intelektual Siswa, Metode Debat