PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

SILVANA MAHMUD (431420032)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd (0017097206)
Dr. Djuna Lamondo, M.Si (0018086407)
Tanggal Upload
10-02-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Pengembangan E-Modul Biologi Materi sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan adalah model ADDIE dengan uji coba pada 20 peserta didik di kelas XI-6 SMA Negeri 2 Gorontalo. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Uji validasi media berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 78% (Valid), Uji validasi materi berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 83% (Valid), dan Uji validasi soal berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 78,5% (Valid). (2) Uji Kepraktisan terdiri dari Respon Guru dan Respon Peserta Didik. Uji Respon guru berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 86% (Sangat Praktis), dan untuk Uji respon peserta didik berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 92,5% (Sangat Praktis). (3) Keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh hasil yang paling banyak adalah 12 peserta didik dikategorikan berkemampuan sedang sehingga diperoleh presentase sebesar 60%, berdasarkan skala N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,67 (Sedang) persentase validasi atau 67% (Efektif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-Modul Biologi Materi sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat atau layak digunakan pada pembelajaran biologi materi sistem ekskresi. Kata Kunci: E-Modul, Sistem Ekskresi, Berpikir Kritis.