PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMA NEGERI 1 BOLAANG UKI

FRISKA MAKALALAG (411419009)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Tedy Machmud, M.Pd (0025086907)
Drs. Perry Zakaria, M.Pd (0017086408)
Tanggal Upload
14-08-2025
Abstract

Model pembelajaran Reciprocal Teaching yaitu model pembelajaran yang menitikberatkan pada proses diskusi kelompok yang dilakukan antara peserta dengan saling bertukar informasi dimana salah satu siswa berperan menjadi tutor sebaya untuk temannya yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Kelas X SMA Negeri 1 Bolaang Uki. Metodologi dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh kelas kelas X di SMA Negeri 1 Bolaang Uki tahun akademik 2024/2025, terdiri dari 177 siswa di 7 kelas; Dua kelas Sampel diambil dari tujuh kelas menggunakan metode pengambilan sampel acak sederhana. Kelas X-F sebagai kelas eksperimen dan Kelas X-A sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kedua kumpulan data homogen dan berdistribusikan normal, dilihat dari hasil nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu sebesar 65,32 dengan 36% siswa yang memperoleh nilai diatas rata-rata sedangkan nilai rata-rata post-test kelas control yaitu sebesar 59,12 dengan 32% siswa yang memperoleh nilai diatas rata-rata. hasil uji hipotesis (uji t) dapat dilihat bahwa nilai dari t_tabel=2,0106 dengan derajat kebebasan (dk) = 48, pada taraf signifikan 0,05 dari tabel distribusi t diperoleh t_hitung=2,4994. Karena t_hitung>t_tabel yaitu 2,4994 > 2,0106 maka hipotesis H₀ ditolak dan Hₗ diterima. Menurut penelitian sebelumnya, menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Media Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLTV