NOVIANTI LAMUMA, 411417048. Pengembangan Modul Ajar Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 11 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul ajar materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 11 Gorontalo yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan modul ajar diorientasikan berdasarkan model 4D. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Gorontalo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli dan lembar angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, hal ini diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai rata-rata respon "Ya" dengan kriteria sesuai. Selain itu, kepraktisan modul ajar memenuhi kriteria sangat baik, hal ini diperoleh dari penilaian hasil analisis angket respon guru menunjukkan diperoleh persentase 87?ngan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sesuai dan sangat baik, sehingga modul ajar tersebut dapat digunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Ajar, Bentuk Aljabar