MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS III SDN 3 BOTUPINGGE KABUPATEN BONE BOLANGO

DEWI ANGGRAINI KAHARU (151420140)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE (0008036009)
Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd (0017095910)
Tanggal Upload
17-01-2025
Abstract

Dewi A. Kaharu, 2024. Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) Kelas III SDN 3 Botupingge kabupaten BoneBolango. Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Salma Halidu M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun M.Pd. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah, “Apakah model teams games tournament dapat meningkatkan literasi membaca siswa kelas III di SDN 3 Botupingge?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca siswa melalui model Teams Games Tournament (TGT) kelas III SDN 3 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan, sementara Siklus II juga dilaksanakan dalam dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Proses penelitian ini mencakup empat tahap: Persiapan, Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi, serta Analisis dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Botupingge Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 26 orang yang terdiri 14 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil observasi awal menunjukkan literasi membaca siswa masih rendah dengan 5 orang siswa yang mampu atau 19% sedangkan siswa yang tidak mampu 21 siswa atau 81%. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 7 siswa dikategorikan mampu dengan persentase 27?n yang tidak mampu 19 siswa dengan persentase 73%. Pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 11 siswa yang dikategorikan mampu dengan persentase 42?n yang tidak mampu 15 siswa dengan persentase 58%. Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 19 siswa yang dikategorikan mampu dengan persentase 73?n yang tidak mampu 7 siswa dengan persentase 27%. Pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 24 siswa dikategorikan mampu dengan persentase 92?n yang tidak mampu 2 siswa dengan persentase 8%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa literasi membaca siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan model times games tournament. Kata Kunci: Literasi Membaca, Tames Games Tournament