PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 11 KOTA BARAT

TAMARA AINAYA MAMONTO (151419117)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si (0029077604)
Dr. Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd (0025128202)
Tanggal Upload
21-08-2023
Abstract

Tamara A. Mamonto.2023. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 11 Kota Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Penelitan ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, rumusan masalahnya apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 11 Kota Barat. Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran IPA di kelas V SDN 11 Kota Barat melalui model Problem Based Learning (PBL). Dengan Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Instrumen berupa lembar pengamatan tindakan dan instrument berupa soal yang dibuat sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada penelitian ini dilaksanakan melalui lima langkah yaitu orientasi masalah, pengorganisasian belajar, pembimbingan siswa, penyajian hasil kerja, dan evaluasi pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan presentase perolehan insturmen kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai (34,71%), kemudian siklus II mencapai (71,42%) dan pada siklus III kemampuan berpikir kritis siswa mencapai (92,85%). Dengan demikian pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menignkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPA. Implikasi dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, IPA.