PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO KELONTONG LESTARI DI KOTA KOTAMOBAGU

DWI LESTARI MAMONTO (931419201)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Rizan Machmud, S.Kom, M.Si (0016078304)
Lanto Miriatin Amali, S.Sos, M.Si (0022108104)
Tanggal Upload
15-01-2024
Abstract

Dwi Lestari Mamonto 2023. “Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Kelontong Lestari Di Kota Kotamobagu”. Jurusan Manajemen, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Dosen Pembimbing I Dr. Rizan Machmud, S.Kom,.M.Si. Pembimbing II Lanto Mariantin Amali, S.Sos.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penetepan harga terhadap loyalitas pelanggan terhadap Toko Kelontong Lestari. Metode penelitian yang digunakan Kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Populasi terdiri dari 14.908 orang, dengan menggunakan purposive sampling dengan Rumus Slovin maka sampel yang didapatkan sebanyak 99 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Sederhana menggunakan alat bantu SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika terdapat kenaikan pada variabel penetapan harga, maka variabel loyalitas pelanggan juga akan mengalami kenaikan, artinya penetapan harga yang telah diterapkan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan pada Toko Lestari, dengan persentase sebesar 74,5% harga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Adapun 25,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti, kepuasan pelanggan, pelayanan, nilai pelanggan, kepercayaan, hubungan pelanggan, penjualan personal, waktu tunggu dan citra perusahaan serta variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Penetapan Harga, Loyalitas Harga, SPSS