PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN PENGETAHUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELEKSI RAGAM INFORMASI DALAM TEKS EDITORIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 1 WONOSARI

DARLIANI (708522003)
Tesis
Pembimbing
Dr. Asna Ntelu, M.Hum (0009106211)
Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd (0017087705)
Tanggal Upload
13-01-2024
Abstract

DARLIANI, NIM 708522003. Judul Tesis: Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Web dan Pengetahuan Literasi Digital terhadap Kemampuan Menyeleksi Ragam Informasi dalam Teks Editorial pada Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Wonosari. Pembimbing 1: Dr. Asna Ntelu, M.Hum., dan Pembimbing 2: Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis web dan pengetahuan literasi digital, (2) mendeskripsikan kemampuan menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial setelah menggunakan media pembelajaran berbasis web dan pengetahuan literasi digital, dan (3) menggambarkan pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis web dan pengetahuan literasi digital terhadap kemampuan menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial pada peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Wonosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik analisis data yakni analisis deskriptif dan analisis independen inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan media berbasis web dan pengetahuan literasi digital dapat meningkatkan kemampuan menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial pada peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Wonosari. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar yang mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata tes awal peserta didik pada kelompok eksperimen 67,46 dan tes akhinya yaitu 79,55. Standar deviasi tes awal 5,38 dan tes akhir 5,62 sedangkan pada kelompok kontrol nilai tes awalnya yaitu 69 dan tes akhirnya yaitu 75,53. Standar devisi tes awal 4,77 dan tes akhir 5,93; (2) Hasil uji-t terhadap hasil tes awal diperoleh thitung ≤ ttabel (-0,33≤ 2,056) pada α =0,05 dengan dk =26, yang berarti tidak terdapat perbedaan sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berangkat dari kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil uji-t terhadap hasil tes akhir diperoleh thitung > ttabel (3,31 > 2,056) pada α =0,05 dengan dk =26, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Kata Kunci: pengaruh, media pembelajaran, berbasis web, literasi digital, teks editorial