PENGARUH PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2023)

DESMITA WULANDARI (931421021)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Mohamad Agus Salim Monoarfa, S.E., M.M. (0017088001)
Meriyana Franssisca Dungga, SE., MM. (0013128201)
Tanggal Upload
22-05-2025
Abstract

Pada 2023 beberapa perusahaan di sub-sektor makanan mengalami tekanan kinerja akibat melemahnya daya beli konsumen yang di pengaruhi oleh inflasi dan tidakpastian global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Profitabilitas dan Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi kasus pada sektor barang konsumsi yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari situs resmi BEI. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang ada di sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun hingga diperoleh sampel sebanyak 180 sampel. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda dan regresi moderasi menguji interaksi antara variabel independen dan moderasi terhadap nilai perusahaan dengan bantuan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan aktivitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan profitabilitas, aktivitas dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Tetapi ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh aktivitas terhadap nilai perusahaan. Perusahaan diharapkan dapat merumuskan kebijakan yang lebih baik untuk meningkatkan nilai perusahaan secara berkelanjutan, dengan memperhatikan interaksi antara profitabilitas, aktivitas, dan ukuran perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, Aktivitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan