PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MUAMALAT KC GORONTALO

FADEL H. AL IDRUS (931419084)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Rizan Machmud, S.Kom, M.Si (0016078304)
Andi Juanna, S.Pd, M.Sc (0026118404)
Tanggal Upload
22-12-2023
Abstract

Fadel H. Al Idrus, 2023. “Pengaruh Relationship Marketing Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KC Gorontalo” Program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing satu Bapak Dr. Rizan Machmud, S.Kom., M.Si. Pembimbing dua Bapak Andi Juanna, S.Pd.,M.Sc. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar Pengaruh Relationship Marketing Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KC Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi nasabah Bank Muamalat KC Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Relationship Marketing berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah ditunjukan dengan nilai t hitung 11,370>1,98472, sedangkan Service Quality berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dengan nilai t hitung 4,903>1,98472. Sedangkan hasil penelitian uji F menunjukan F hitung 74,812 > F tabel 3,09 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya Relationship Marketing dan Service Quality secara simultan mempengaruhi Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KC Gorontalo. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel Relationship Marketing dan Service Quality dalam menjelaskan variabel Kepuasan Nasabah sebesar 0,607 atau 60,7% masuk kategori kuat, sedangkan 39,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel Kepercayaan, citra perusahaan, Brand Image dan lain-lain. Kata kunci : Relationship Marketing, Service Quality, Kepuasan Nasabah