PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KOTA TIMUR KOTA GORONTALO

SRI RAHAYU BAKARI (153420093)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Nurhayati Tine, S.PdI., M.HI (0001048002)
Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd (0009096706)
Tanggal Upload
09-10-2024
Abstract

Sri Rahayu Bakari. 2024. Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Kec. Kota Timur Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (1) Dr. Nurhayati Tine S.PdI., M.HI (II) Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter anak usia dini di TK Negeri Pembina Kec. kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif terkait peran guru dalam membentuk karakter anak usia dini. Subjek penelitian ini adalah 4 orang tua dan 3 orang guru di TK Negeri Pembina kec. Kota Timur Kota Gorontalo. Objek dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perannya guru dalam membentuk karakter anak usia dini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa secara keseluruhan di TK Negeri Pembina Kota Timur Kota Gorontalo peran guru yang terlihat yaitu sebagai pendidik dan pengajar dalam upaya mereka membentuk karakter dan kecerdasan anak sejak usia dini. Komitmen mereka dalam mendidik dan mengajar tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik semata, tetapi juga pada pembentukan karakter yang kuat, yang merupakan fondasi penting bagi perkembangan anak di masa depan. Kata Kunci: Guru, Karakter, Anak Usia Dini