Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perangkat pembelajaran berbasis model project based learning terhadap penguasaan konsep pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menerapkan perangkat pembelajaran berbasis model project based learning pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk melihat penguasaan konsep peserta didik kelas VIII IPA dengan jumlah peserta didik 30 di SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian Pre-ekperimental design dan menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Rancangan ini melibatkan hanya satu kelompok yang diberi tes sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan data penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model project based learning dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, hal ini dibuktikan dari nilai pretest memperoleh rata-rata 37,72%. Nilai postest memperoleh nilai rata-rata 85,56?n N-gain penguasaan konsep yang memperoleh nilai 0,77 dengan kriteria N-Gain tinggi. Berdasarkan data penguasaan konsep yang diperoleh peserta didik maka bisa dikatakan perangkat pembelajaran berbasis model project based learning telah efektif. Kata kunci : model project based learning, penguasaan konsep, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan