PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA KULINER DI KOTA GORONTALO (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)

DHIKI ANDRI ALFIAN A. PAGISI (931419075)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Hapsawati Taan, ST., M.M (0001027602)
Yulinda L. Ismail, S.Pd, M.Si (0004077603)
Tanggal Upload
10-10-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan :1) Untuk melihat pengaruh penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Minat Beli Konsumen, 2) Untuk melihat pengaruh Inovasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen, 3) Untuk melihat pengaruh pengunaan Media Sosial Facebook dan Inovasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Kuliner Di Kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling yaitu sebanyak 97 responden dengan cara menyebarkan kuisioner melalui google form. Metode analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil 1) Penggunaan media sosial memberikan pengaruh positif secara parsial dan signifikansi terhadap minat beli konsumen pada usaha kuliner di Kota Gorontalo ditunjukan dengan nilai thitung 4,008 < ttabel> ftabel 3,09. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukan R Square sebesar 86,7% dikategori sangat tinggi, dapat disimpulakan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen dan untuk 13,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media Sosial, Inovasi Produk, Minat Beli.