Anissa Kisman Bai, 2024. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Studi Kasus pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas XI SMA Negeri 7 Gorontalo”. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (1) Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd (2) Drs. Mustamin Ibrahim, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan juga mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Modul Ajar Berbasis Studi Kasus pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Menggunakan Model Problem Based Learning. Subjek uji coba pada penelitian ini melibatkan 15 peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Gorontalo Tahun Pelajaran 2023/2024. Modul Ajar yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Validasi materi memperoleh nilai 95% (Sangat Valid), validasi media memperoleh nilai 85% (Sangat Valid) dan validasi praktisi memperoleh nilai 90% (Sangat Valid). (2) Uji Kepraktisan terdiri dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai 97% (Sangat Baik), aktivitas belajar peserta didik memperoleh nilai 85% (Sangat Baik), dan respon peserta didik memperoleh nilai 83% (Sangat Layak). (3) Penilaian hasil belajar terdiri dari hasil pengerjaan LKPD memperoleh nilai 86%, hasil pengerjaan tes memperoleh nilai ketuntasan 91,6%, sedangkan untuk perbandingan nilai pretest memperoleh nilai 46,73 dan posttest memperoleh nilai 91,66 dengan nilai analisis N-Gain 0,81(Tinggi) Kata Kunci : Modul Ajar, Studi Kasus, Sistem Pernapasan Manusia, Problem Based Learning, Hasil Belajar.