Nurmuhniyanti M. Hubaib, 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Spatial Thinking Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pengetahuan Dasar Peta, Kelas X IPS SMA Negeri 1 Randangan. Pembimbing I Dr. Eng. Sri Maryati S.Si., dan Pembimbing II Syahrizal Koem S.Pd., M.Si. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan ketiadaan bahan ajar berupa LKPD spatial thinking untuk membantu proses pembelajaran peserta didik. Permasalahan lainnya belum ada penerapan bahan ajar LKPD berbasis spatial thinking kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis spatial thinking pada materi pengetahuan dasar peta untuk membuat proses pembelajaran menjadi inovatif dalam memenuhi tuntutan kurikulum merdeka yang ditinjau dari unsur berpikir spasial pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Randangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE versi Steven J. McGriff. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 2 dan X IPS 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Peneliti menggunnakan analisis effect size untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar LKPD berbasis spatial thinking pada materi pengetahuan dasar peta. Hasil penelitian ini menunjukkan respon siswa terhadap kelayakan dan kemenarikan bahan ajar LKPD berbasis spatial thinking yang dihasilkan teruji layak digunakan dan menarik bagi siswa. Keefektivan pembelajaran menggunakan bahan ajar LKPD berbasis spatial thinking dihitung menggunakan rumus analisis effect size yang diperoleh yaitu d=0,34 dengan klasifikasi tergolong sedang.