PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN SMART APPS CREATOR (SAC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

APRIYANSAH DJANO (433420024)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Masra Latjompoh, M.pd. (0012026703)
Dr. Ritin Uloli, S.pd, M.pd. (0007037003)
Tanggal Upload
01-07-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbantuan Smart Apps Creator (SAC) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 2 Suwawa. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen mrnggunakan desain One Group Pretest-Posttest Desig dengan Populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa. Sampel terdiri dari 3 kelas yaitu kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data diperoleh dengan uji statistik dan statistik inferensial yang mencakup uji normalitas, uji hipotesis, dan analisis N-Gain. Hasil perolehan rata-rata siswa kelas VIII lebih besar dari KKTP, ditunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 84,48; kelas replikasi 1 81,14 dan kelas replikasi 2 86,45 dibandingkan KKTP sebesar 75. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dimana thitung pada kelas eksperimen sebesar 10,969 dibanding ttabel sebesar 2,045; kelas replikasi 1 memperoleh thitung sebesar 6,710 dengan ttabel 2,074 dan kelas replikasi 2 memperoleh thitung sebesar 9,569 dengan ttabel sebesar 2,093. Dapat disimpulkan bahwa pengujian hipotesis pada ketiga kelas adalah thitung lebih besar dari ttabel, hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbantuan Smart Apps Creator berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: Media Pembelajaran Smart Apps Creator, Sistem Peredaran Darah Manusia, Hasil Belajar Kognitif.