Maya Imran. NIM 911418161. 2023. “Pengaruh Pengajaran Remedial Terhadap Pencapaian kriteria Ketuntasan Minimal Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 2 Limboto”. Skripsi. Program studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd, sebagai pembimbing I dan Ibu Fitri Hadi Yulia Akib, SE., ME, sebagai Pembimbing II. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengajaran remedial terhadap pencapaian kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII SMP Negeri 2 Limboto. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis desain One Group Pretest-Postest Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 86 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa dengan pengambilan sampel Probability Sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pengajaran remedial terhadap pencapaian kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII SMP Negeri 2 Limboto terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest. Besaran rata-rata nilai pretest 49,13, sedangkan pada posttest sebesar 80,09. Presentase yang didapatkan sebelum dan sesudah diberikan pengajaran remedial sebesar 63%. Dengan kata lain terdapat, pengaruh pengajaran remedial terhadap pencapaian kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPS terpadu dikelas VII SMP Negeri 2 Limboto. Kata Kunci : Pengajaran Remedial, Kriteria Ketuntasan Minimal