INTERAKSI KOREAN ROLEPLAY DALAM DUNIA VIRTUAL DI TWITTER

SRI SURYANINGTIYA AG. KOEM (291416049)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Sumarjo, S.Pd., M.Si (0009067607)
Citra Fransisca Indah Lestari Dano Putri, S.Pd.,M.I.Kom (0008108407)
Tanggal Upload
16-08-2023
Abstract

Sri Suryaningtiya Ag. Koem. 2023. “Interaksi Korean Roleplay Dalam Dunia Virtual Di Twitter. Skripsi Jurusan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Sumarjo, S.Pd., M.Si. (Pembimbing I) dan Citra F.I.L Dano Putri, S.Pd., M.I.Kom. (Pembimbing II). Pesatnya perkembangan Kpop secara global, menghasilkan penggemar yang banyak dan tersebar hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penggemar kemudian Bersama-sama membuat sebuah permainan peran dimana penggemar bisa memerankan karakter Idol yang mereka sukai di dunia maya. Dan terbukti banyak yang berminat terhadap permainan ini. Permainan ini adalah permainan Roleplay yang dilakukan oleh penggemar di dunia maya, yakni Twitter. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seperti apa interaksi yang dilakukan oleh pemain Roleplay, karena diketahui dalam praktiknya interaksi yang dilakukan oleh pemain Roleplay menggunakan beberapa kata sebagai istilah dan simbol yang hanya dipahami oleh pemain sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi interpretif dengan melibatkan 8 informan dalam proses wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktiknya, aktivitas yang dilakukan pemain Roleplay umumnya adalah mencari relasi dengan sesama pemain untuk mengembangkan cerita kehidupannya di Roleplay. Kemudian dalam aktivitas tersebut, pemain Roleplay menggunakan istilah-istilah sebagai simbol yang mereka pakai untuk menyebut jenis akun, jenis Roleplay, dan jenis aktivitas yang mereka lakukan. Tidak heran relasi yang dibangun pada permainan Roleplay menghasilkan hubungan yang cukup kuat satu sama lain yang membuat pemainnya betah berlama-lama dalam memainkan permainan ini. Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Korean Roleplay, Dunia Virtual, Media Sosial Twitter