Rahmatia Suleman, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Benda Zat Tunggal Dan Campuran Melalui Model Snowball Throwing Dan Media Kartu Pintar Kelas V SDN 3 Talaga Jaya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr.Irvin Novita Arifin, S.Pd,M.Pd dan Dr.Gamar Abdullah, S.Si.,M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model snowball throwing dan media kartu pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN 3 Talaga Jaya?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi benda zat tunggal dan campuran siswa kelas V SDN 3 Talaga Jaya melalui model snowball throwing dan media kartu pintar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian dari 27 siswa menunjukkan bahwa pada observasi awal hasil belajar siswa yang mencapai indikator kinerja sebanyak 6 siswa dengan presentase 22,22%, pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa dengan presentase 52%. Dengan belum berhasilnya Pelaksanaan Tindakan Kelas pada siklus I ini maka dilanjutkan pada siklus berikutnya yakni siklus II. Kemudian pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 siswa dengan presentase 86%. Hal ini menunjukkan dari hasil siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model snowball throwing dan media kartu pintar hasil belajar materi benda zat tunggal dan campuran pada siswa kelas V SDN 3 Talaga Jaya meningkat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, Media Kartu Pintar, Hasil Belajar Materi Benda Zat Tunggal dan Campuran