Penelitian ini membahas tentang bagaimana representasi nilai sosial dan nilai edukatif dalam film animasi Nussa The Movie. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisisnya menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna denotasi, konotasi dan mitos dari sistem nilai sosial dan nilai edukatif yang direpresentasikan melalui sistem pertandaan film animasi Nussa The Movie. Temuan penelitian ini, yaitu terdapat tanda-tanda yang ditampilkan dalam film animasi Nussa The Movie yang berdurasi 1 jam 47 menit ini yang merepresentasikan nilai sosial dan nilai edukatif. Tanda-tanda tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek seperti visual dan dialog dalam film. Representasi nilai sosial itu meliputi: (1) peduli yang ditampilkan melalui adegan bibi Mur terhadap Jonni, (2) menasihati yang ditampilkan melalui adegan Nussa terhadap Jonni, (3) mengapresiasi yang ditampilkan melalui Rara terhadap Nussa, dan (4) kerja sama yang ditampilkan melalui adegan Jonni dan Nussa. Selain itu, representasi nilai edukatif meliputi: (1) kreatif yang ditampilkan melalui karakter Nussa, (2) mandiri yang ditampilkan pada karakter Nussa, (3) pantang menyerah, yang ditampilkan melalui karakter Nussa dan (4) imajinatif yang ditampilkan melalui karakter Nussa, Abdul, dan Syifa