Aprilia Anggi Fernanda Eka Saputri. 2024. Pengembangan Media Card Match Circle dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Nurainun, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE. Tahap penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaliation). Tahap penelitian ini dibatasi sampai pada tahap implementasi yaitu uji coba terbatas di SDN 1 Kabila Bone. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media Card Match Circle dalam pembelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Kabila Bone dan mengetahui kelayakan media Card Match Circle dalam pembelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Kabila Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kabila Bone yang berjumlah 12 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan media Card Match Circle layak digunakan dengan presentase kelayakan sebesar 93,84% atau “Sangat Layak”. Hasil validasi dai ahli media mendapat presentase sebanyak 96?ngan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi dari ahli materi mendapat presentase sebanyak 92,6?ngan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi dari ahli pengguna mendapat presentase sebanyak 94?ngan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Card Match Circle yang dikembangkan sangat layak digunakan disekolah dasar. Kata kunci: Media Pembelajaran, Norma dalam Adat-istiadat, Card Match Circle