Sri Safitri Tumenggung Mayang, NIM. 411417022. Implementasi model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi segitiga kelas VII Smp Negeri 3 Limboto Barat. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2024. Dibimbing Oleh : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Dra. Kartin Usman, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII- B SMP Negeri 3 Limboto Barat, tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa 33 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu, hasil observasi kegiatan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran mencapai minimal baik dari aspek yang diamati dalam proses pembelajaran minimal 70%, hasil observasi kegiatan siswa dalam mengelola kegiatan pembelajaran mencapai kriteria pencapaian Aktif dalam proses pembelajaran minimal 70%, dan penilaian hasil belajar matematika menunjukan bahwa minimal 70?ri seluruh siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM=70). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunaka picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi segitiga. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika Siswa, Segitiga, Picture and picture