PUTRI PINGKAN KAAT. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Komik Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya Di SMP Negeri 1 Suwawa. Program Studi Pendidikan IPA Jurusan Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dr. Ritin Uloli, S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Bapak Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat pengaruh penggunaan media komik dalam model pembelajaran discovery learning terhadap literasi sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dua kelompok, yaitu antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling untuk menentukan kelas yang akan dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 91 siswa yang terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas A, B dan C SMP Negeri 1 Suwawa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media komik dalam hal meningkatkan literasi sains siswa pada materi kalor dan perpindahannya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata Posttest untuk kedua kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 81,67 dan kelas kontrol sebesar 53,50, selain itu berdasarkan uji hipotesis memperoleh nilai 0,000 < 0.005 berarti H0 diterima dan H1 ditolak sehingga diperoleh bahwa model pembelajaran discovery Learning berbantuan media komik berpengaruh terhadap literasi sains siswa SMP Negeri 1 Suwawa. Kata Kunci : Discovery Learning, Komik, Literasi Sains